Merawat Throtlle Body Mobil

Throttle Body merupakan perangkat yang digunakan pada mobil menggunakan sistem injeksi. Alat tersebut tersebut bertugas menyedot udara bersih yang telah disaring. Udara ini berguna dalam proses pembakaran di ruang kompresi mesin.

Skep injeksi atau throttle body pada kendaraan rentan kotor. Indikasinya daya dorong kurang responsif. Ketika sedang berakselerasi tarikan mesin menjadi lemah dan kadang-kadang tersendat. Jika kotoran sudah menumpuk pada Throttle Position Sensor, sensor yang berhubungan dengan komputer mesin akan mengirim data yang kurang stabil dan kurang akurat, maka seluruh proses pembakaran akan terpengaruh. Proses penyemprotan bensin lewat injektor dan percikan api di ruang kompresi juga akan terganggu.

Sumber kotoran biasanya berasal dari udara yang terhisap ke ruang baker. Oleh karena itu, kebersihan throttle body sangat bergantung pada perawatan filter udara.

Untuk mengantisipasinya, harus memperhatikan model pipa karet saluran udaranya. Terdapat 2 model yang dikenal, yaitu model dengan aliran udara atau airflow sensor dan yang tidak ada aliran udaranya.

Pada model yang tidak memiliki aliran udara, bersihkan throttle body menggunakan cairan semprot. Gunakan cairan yang direkomendasi untuk mesin injeksi. Caranya dengan menyemprotkan lewat mulut skep throttle body dalam kondisi mesin menyala stasioner. Jaga putaran mesin agar tidak mati, sehingga cairan pembersih bisa masuk ke seluruh celah skep. Proses ini sekaligus berfungsi membersihkan ruang baker.

Semprotkan satu kaleng cairan pembersih kemudian matikan mesin sekitar 10 sampai15 menit. Setelah itu nyalakan mesin kembali dan mainkan putaran mesin hingga rpm menunjukkan 6.000 hingga 6.500. Sisa kotoran atau kerak di throttle body dan ruang bakar akan terbuang bersama asap knalpot.

Jika mesin dilengkapi alat sensor yang mengontrol aliran udara, jangan melepas saluran intake. Cukup semprotkan cairan pembersih lewat lubang hawa di saluran intake. Selanjutnya ikuti langkah yang sama. Cairan pembersih disemprotkan melalui lubang pemanasan klep. Cairan ini akan ikut tersedot ke mulut throttle body bersamaan dengan putaran mesin. Buka busi dan bersihkan elektrode yang menghitam terkena gum yang terbakar. Jika perlu gantilah dengan yang baru.

Related Posts by Categories




Dapatkan Penghasilan Tinggi dan Konstan dari Internet Tanpa Meninggalkan Pekerjaan Anda!